Kamis, 08 November 2012

JALAN BEBAS SAMPAH DI KANDANGAN AKAN BERTAMBAH


KANDANGAN - Komitmen Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) untuk menciptakan Kota Kandangan bersih dan hijau adalah dengan mencanangkan beberapa jalan yang ada di Kandangan sebagai jalan bebas sampah.

Salah satunya adalah Jalan Pahlawan yang  diresmikan oleh Bupati HSS Dr H Muhammad Safi'i dengan diwakili oleh Sekretaris Daerah Drs H Achmad Fikry. Peresmian Pencanangan Jalan Pahlawan, sebagai kawasan bebas sampah ini, bertepatan dengan apel  kebersihan di halaman Rumah Sakit Medical Pahlawan Senter Kandangan.

Kegiatan ini, dihadiri oleh seluruh kepala SKPD, Instansi Vertikal, Perbankan dan Masyarakat Lingkungan sekitar. Usai melakukan pencanangan, Sekda bersama para kepala SKPD melanjutkan aksi kebersihan di seluruh ruas jalan yang ada di kota Kandangan.

Dalam sambutan tertulis, Bupati HSS menegaskan tujuan akhir bukan pada perolehan Adipura, tetapi adalah untuk menciptakan kebersihan dan penyelenggaraan tata lingkungan kota yang bersih dan sehat. Sehingga, upaya-upaya untuk menjaga kebersihan dapat terus dilaksanakan.

Dalam sambutannya itu, bupati juga mengatakan untuk mewujudkan kota Kandangan yang bersih dan hijau, tentunya bukan hanya dilakukan oleh pemerintah daerah. Tetapi dilakukan juga oleh masyarakat setempat. Dengan diresmikannya kebersihan, maka secara tidak langsung akan menanamkan  kebiasaan untuk hidup bersih dan sehat di tengah masyarakat.

Sehingga visi dan misi pemerintah kabupaten dapat semakin dilaksanakan secara bersamaan. Sebagaimana diketahui, sebelum dicanangkannya jalan Pahlawan sebagai kawasan bebas sampah, terlebih dahulu, Jalan Antasari yang dicanangkan sebagai kawasan bebas sampah. Sehingga, saat ini ada dua jalan di HSS sebagai jalan yang dikategorikan bebas sampah.

Kepala Dinas LH Tata Kota dan Perdesaan, Drs H Anang Syakhfiani MSi mengatakan, dengan adanya jalan yang dicanangkan sebagai kawasan bebas sampah merupakan salah satu  upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan  kebersihan dan keindahan Jalan Pahlawan.

Pencanangan ini sendiri dilakukan sebagai wujud apresiasi terhadap masyarakat lingkungan sekitar Jalan Pahlawan atas kesadaran dan partisipasi aktif selama ini dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan hijau.

"Peresmian jalan pahlawan sebagai kawasan bebas sampah. Adalah apresiasi yang diberikan pemerintah kepada masyarakat setempat," ujar Anang kepada Radar Banjarmasin. Dalam kesempatan ini, pihak Perbankan juga menyerahkan secara simbolis, bantuan pot dan tanaman hias, sebagai wujud peran serta pihak swasta dalam gerakan kebersihan dan penghijauan.

Terpisah, Johar warga Kandangan yang diminta komentarnya mengatakan, hendaknya peresmian jalan bebas sampah ini tidak berhenti sampai di sini, tetapi harus dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga Jalan-jalan yang ada di HSS benar-benar bisa terbebas dari sampah. "Semakin banyak jalan bebas sampah, maka semakin baik bagi masyarakat dan pemerintah," ujarnya. (rif/abj)

SEURCE : RADAR BANJARMASIN


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "JALAN BEBAS SAMPAH DI KANDANGAN AKAN BERTAMBAH"

Posting Komentar