Selasa, 13 November 2012

14 Nov 2012 Dinas Pertanian Gelar Semai Perdana

KANDANGAN - Menjelang tibanya hujan, saat ini Dinas Pertanian bekerja sama dengan kelompok tani akan menggelar persiapan semai benih Gogo di Desa Kuangan Kecamatan Padang Batung. Hal itu disampaikan Pelaksana Teknis (Plt) Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Ir Saifullah melalui Kepala Bidang (Kabid) Sarana Mus Ikhsan Rizal, yang didampingi Kabid Tanaman Pangan Lutfiana ketika ditemui Radar Banjarmasin kemarin.

Dijelaskannya, penyemaian  ini untuk mempersiapkan ketahanan pangan, seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Mus Ikhsan mengatakan, dalam persiapan semai ini lahan yang akan ditanami seluas 20 hektare. Sebagai langkah awal,  terlebih dahulu dilakukan pembersihan lahan. Selanjutnya, dilakukan penyemaian benih. Semai pertama, pihaknya akan menghadirkan Bupati HSS Dr H Muhammad Safi’i.

Dalam keterangannya, Ikhsan juga mengatakan bahwa persiapan semai, dilakukan dengan pengolahan lahan yang akan ditanami. Sehingga, upaya untuk mempercepat tanam semakin lebih baik dan maksimal. “Benih- benih yang sudah disemai, akan dipupuk dengan menggunakan Pupuk Hayati Bio Fertilizer,” ujar Ikhsan Kepada Radar Banjarmasin.

Penggunaan pupuk sendiri akan dilakukan sebanyak 15 hingga 30 Kilogram dalam satu hektare. Dengan menggunakan pupuk secara teratur dan sesuai dengan anjuran tersebut, maka hasil tanam padi akan lebih maksimal. Ketika ditanya, kapan pelaksanaan semai perdana digelar, Iksan mengatakan bahwa, semai perdana yang dilakukan oleh bupati akan dilakukan pada tanggal 20 Nopember mendatang.

Sebelum semai perdana dilakukan, pihak pertanian juga telah melakukan rapat bulanan dengan Unit Pelayanan Jasa (Upja) yang menggunakan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penggunaan Alsintan ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para petani, khususnya kelompok tani dalam rangka meningkatkan pelaksanaan pembangunan di bidang pertanian.

Di tempat yang sama, Kabid Tanaman Pangan Lutfiana mengatakan, bahwa upaya-upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam meningkatkan pertanian, sudah dilakukan secara optimal. Sehingga hasil yang akan di dapat  dapat lebih oftimal pula.

Dalam pelaksanaan semai perdana, pihak Dinas Pertanian dibantu oleh pihak Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) yang menggunakan padi non hebrida, Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU) “Karena benih unggul, maka dapat dikatakan bahwa padi ini memiliki ketahanan terhadap hama dan memiliki kualitas yang baik,” ujar Lutfiana.

Lutfiana juga mengatakan, jika di daerah pegunungan seperti di Desa Kuangan melakukan semai, maka di wilayah lebak seperti di Nagara saat ini sedang mempersiapkan tanam surung. Dimana luasan yang dimiliki untuk Kecamatan Daha Utara, sebanyak 3.582 Hektare. Sedangkan Kecamatan Daha Selatan sebanyak 2.810 Hektare, demikian pula untuk Kecamatan Daha Barat sebanyak 2.580 Hektare. (rif/abj)


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "14 Nov 2012 Dinas Pertanian Gelar Semai Perdana"

Posting Komentar