Senin, 12 November 2012

Caraka Malam Bikin Panik

KEGIATAN outbound yang dilaksanakan pemerintah daerah di objek wisata pemandian air panas, cukup mengasikan. Pasalnya, oleh panitia kegiatan, peserta outbound dilibatkan dalam caraka malam yang diasuh langsung oleh unit Intel Kodim 1003 Kandangan. Dalam permainan tersebut, peserta dibariskan di pos pertama, selanjutnya mendapatkan briefing dari panitia.
Setelah itu, peserta dilepas satu-satu dengan dibekali pesan yang harus diingat terlebih dahulu. Dimana pesan yang diterima harus disampaikan ke pos terakhir. Namun, dalam perjalanan sejauh 700 meter, ada beberapa pos panitia yang juga dibangun. Pos-pos tersebut, sebagai pengganggu konsentrasi agar pesan yang disampaikan tidak sampai ke pos terakhir dan bocor.
Selain ada pos bayangan pengganggu, panitia juga memberikan kejutan-kejutan di jalan. Sehingga kegiatan caraka malam yang diikuti 75 peserta sangat berkesan. Komandan Kodim 1003 Kandangan, Letkol Kav Tri Handaka melalui Perwira Seksi Intel (Pasintel) Kapten Sumaji yang dihubungi Radar Banjarmasin mengatakan, kegiatan caraka malam, adalah sebuah kegiatan yang kerap dilaksanakan dalam pembinaan anggota TNI yang baru.
Dalam kegiatan tersebut, berbagai kegiatan dilaksanakan. Dengan mengadopsi kegiatan tersebut, maka kegiatan caraka malam dilaksanakan dalam setiap kegiatan malam. Caraka malam, lebih dikenal dengan sebutan jurit malam bagi aktivitas masyarakat luas. Kegiatan Caraka malam, juga mengandung pesan agar para peserta yang terlibat dalam kegiatan, dapat mengatasi rasa takut dan konsentrasi terhadap pesan yang disampaikan. Sehingga hasil yang ingin dicapai dapat semakin maksimal.
Pria yang memiliki tiga balok dipundaknya ini juga mengatakan, jika kegiatan caraka malam dapat dikemas dengan baik dan penuh dengan berbagai kegiatan menarik, maka, hasilnya sangat luar biasa dan sangat baik untuk pelajaran bagi orang dewasa. "Semua kegiatan yang dimiliki, harus dikemas dengan berbagai permainan, tentunya akan menjadi bagus dan menarik," pungkasnya. (rif/abj)

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Caraka Malam Bikin Panik "

Posting Komentar