Rabu, 07 November 2012

Pemkab Serahkan DP4 ke KPU

KANDANGAN - Perebutan kursi nomor satu di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), tinggal beberapa bulan lagi. Segala persiapan sudah dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Demikian juga dengan tahapan-tahapan mengenai pelaksanaan kegiatan, sudah disusun dengan sempurna.
Ketua KPU Imron Rosyadi SH yang ditemui Radar Banjarmasin mengatakan, pelantikan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) sudah dilaksanakan. Saat ini, tahapan yang dilaksanakan oleh KPU, adalah menunggu pendaftaran calon bupati dari jalur Independent.
Seiring dengan berjalannya beberapa tahapan yang dilaksanakan oleh KPU, Pemerintah Kabupaten HSS, juga menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP 4) kepada KPU. Penyerahan itu sendiri dilakukan Selasa (6/11) sekira pukul 14.00 di Aula Ramu Pemerintah Kabupaten.
Penyerahan DP4 yang dilakukan oleh pemerintah daerah, diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Drs Achmad Fikry, yang diterima langsung oleh Ketua KPU Imron Rosyadi SH. Penyerahan DP4 yang dilakukan pemerintah, adalah untuk kelancaran tugas dan kerja KPU dalam memetakan suara sesuai dengan jumlah penduduk yang terdaftar di kabupaten.
Dari DP4 inilah, nantinya diketahui siapa yang terdaftar dan tidak sebagai pemilih di kabupaten. Penyerahan yang dilakukan oleh pemerintah ini, dilakukan sebagai lanjutan dari proses dan tahapan finalisasi penerbitan DP4, yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten HSS.
Penyerahan DP4 ini, juga merupakan langkah strategis dari Dukcapil dalam persiapan menyukseskan pelaksanaan pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2013 dan pemilihan legislatif pada tahun 2014 mendatang.
Kepala Dinas Dukcapil Drs Kunur Tajeli dalam laporannya  mengatakan, kriteria pra DP4 pada bulan Agustus 2012 yang lalu, telah diserahkan daftar pemilih sementara. Dimana dalam daftar tersebut, telah  dipergunakan sebagai filter penentuan usia 17 tahun ke atas, pernah atau sudah menikah, bukan TNI/Polri dan tidak cacat mental atau cacat fisik.
Pada bulan agustus juga diserahkan pra DP4 kepada lurah Kepala Desa untuk validasi dan verifikasi data yang diserahkan. Selanjutnya pada bulan September, kembali dilakukan pengembalian pra DP4 dan surat pernyataan bermaterai oleh lurah/kepala desa yang dibubuhi dengan tanda tangan masing-masing ketua RT dan RW setempat yang diketahui oleh Camat.
“ Semua yang dilakukan sudah sesuai dengan standar kerja, sehingga saat ini semuanya sudah selesai,” ujar Kunur. Masih menurut Kunur, pada bulan Oktober kemarin pihaknya juga sudah melakukan pemutakhiran pra DP4 atas hasil penyerahan pra DP4 oleh kepala desa atau lurah.
Ditempat yang sama Achmad Fikry mengatakan, pelaksanaan pemilihan yang baik dalam pemilukada tentunya harus didukung dengan data kependudukan yang berkualitas.
Sehingga, pemilihan yang dilaksanakan nantinya tidak menimbulkan masalah. Menurut Fikry, pelaksanaan pemutakhiran data yang dilakukan oleh Dukcapil sudah cukup maksimal. Sehingga, peran pemerintah daerah dalam kelancaran persiapan pemilihan kepala daerah di HSS sudah cukup optimal. (rif/abj)

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Pemkab Serahkan DP4 ke KPU"

Posting Komentar